gravatar

Warga Cipinangcempedak Nikmati Pelayanan Malam Hari

Untuk membantu masyarakat dalam mengurus berbagai keperluan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, menggelar pelayanan publik malam hari. Kegiatan ini dipusatkan di kantor Kelurahan Cipinangcempedak, Jatinegara, Selasa (23/11), pukul 19.00-22.00. Masyarakat setempat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Tak tanggung-tanggung, untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan, pemkot menyediakan 15 jenis layanan. Antara lain pembuatan KTP dan akta lahir oleh Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Kemudian layanan kesehatan, KB, IMB, nikah, kartu kuning, kartu kesehatan keluarga miskin (Gakin) dan sejumlah layanan lainnya.

Plh Walikota Jakarta Timur, Krisdianto, mengatakan, pelayanan masyarakat malam hari ini baru pertama kali digelar. Rencananya seluruh kelurahan yang ada, akan melaksanakan kegiatan yang sama. Alasan kegiatan digelar di malam hari karena pada umumnya masyarakat ibu kota, padat dengan aktivitas di siang hari. Sedangkan malam hari umumnya warga sudah menghentikan aktivitas rutinnya.

"Pelayanan masyarakat malam hari ini juga untuk mendekatkan aparatur pemerintah dengan masyarakatnya. Sehingga diharapkan masyarakat akan lebih terbantu dalam memenuhi kebutuhannya. Minimal, masyarakat tak perlu banyak mengeluarkan tenaga ongkos dan waktu karena kita langsung jemput bola," kata Krisdianto, di sela-sela pelayanan malam hari.

Target lain dari pelayanan malam hari ini adalah, warga yang telah berumahtangga namun belum memiliki surat nikah, kini dapat memilikinya. Sebab masih banyak warga Jakarta Timur yang belum memiliki surat nikah.

"Kami berharap semua orang yang telah menikah itu memiliki surat nikah. Karena itu sangat dibutuhkan warga, agar terhindar dari dugaan hubungan di luar pernikahan," lanjut Krisdianto.

Camat Jatinegara, Andri Yansah, mengatakan, kegiatan pelayanan malam hari ini akan berlanjut di delapan kelurahan lainnya. Yakni Kelurahan Kampungmelayu, Balimester, Bidaracina, Rawabunga, Cipinangbesar Selatan, Cipinangbesar Utara dan Cipinangmuara.

"Kegiatan ini dalam rangka mengimplementasikan visi misi gubernur DKI Jakarta dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan masyarakat dan sesuai dengan instruksi gubernur DKI," terang Andri Yansah.

Ia juga menyebutkan, tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan kesempatan bagi warga yang tidak dapat datang ke kantor kelurahan dan kecamatan di siang hari. Hal ini juga untuk memangkas birokrasi dan praktik percaloan, karena seluruh unit pelayanan secara terpadu memberikan pelayanan pada masyarakat secara langsung. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat memberikan kemudahan bagi warga.

Andri Yansyah menyebutkan, kegiatan pelayanan malam hari ini melibatkan 43 personil dari seluruh seksi dinas. Seperti seksi pelayanan umum, tata ruang, pengawasan dan perijinan bangunan, puskesmas, KUA, PLKB dan sebagainya.

Lurah Cipinangcempedak, Ali M Siregar, mengatakan, jumlah warga yang hadir dalam kegiatan tersebut lebih dari 100 orang. Diantaranya 50 orang yang mendapatkan pelayanan langsung, seperti kesehatan, akte lahir, surat nikah dan sebagainya. Kemudian ada sekitar 65 warga yang datang hanya untuk konsultasi masalah perijinan bangunan, program KB dan sebagainya.

"Saat ini warga kami telah mencapai 37.936 jiwa yang tersebar di 11 kelurahan," katanya.

Sugeng (50), salah seorang warga mengaku senang dengan adanya pelayanan masyarakat malam hari itu. Karena ia dapat ikut mengurus KTP nya yang telah kadaluarsa. Pada siang hari ia sibuk berdagang di kawasan Pasar Regional Jatinegara sehingga tidak sempat untuk mengurusnya.

"Alhamdulillah, sekarang KTP saya langsung bisa diurus. Padahal sebelumnya rasanya malas banget mau perpanjang KTP, ada saja kendalanya," ucapnya.(bjc)

Archive

Entri Populer