gravatar

Pembagian Nomor Tes CPNS Ricuh

Kericuhan mewarnai pembagian nomor ujian tes tulis calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, yang dipusatkan di aula Masjid Al Azhar Pulogebang, Kamis (25/11). Penyebabnya, jadwal pembagian nomor yang molor hingga dua jam serta kurangnya akses pintu masuk aula. Pihak panitia hanya membuka dua pintu masuk, padahal di aula itu terdapat terdapat empat pintu masuk. Saling dorong antar pendaftar pun akhirnya tak terhindarkan. Akibat peristiwa itu, salah seorang peserta wanita pingsan setelah terinjak-injak oleh rekannya. Selain itu, kaca di salah satu pintu masuk juga pecah.

Informasi yang berhasil dihimpun beritajakarta.com menyebutkan, jadwal pembagian nomor ujian tes tulis ini sedianya dimulai pukul 08.00. Namun, hingga pukul 10.00 panitia tak kunjung membagikan nomor tes tersebut. Alhasil, ribuan peserta tes yang mulai resah, dan mengantri akhirnya memaksa masuk. "Harusnya panitia membuka semua pintu yang ada, jangan hanya dua. Jumlah petugas yang berjaga-jaga juga tidak sebanding dengan peserta yang mencapai 4.000 orang lebih,” keluh Makmur, salah seorang peserta tes CPNS, Kamis (25/11).

Ia mengaku, seluruh peserta sudah kelelahan berdiri sejak pukul 08.00, sedangkan pengambilan nomor tes baru dilakukan setelah pukul 10.00. Sebenarnya kericuhan ini dapat dihindari jika saja panitia tepat waktu dalam pembagian nomor tes.

Plh Kepala Kantor Kepegawaian Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, Noor Syamsu mengakui, adanya keterlambatan pembagian nomor tes yang diduga sebagai salah satu pemicu kericuhan tersebut. ”Ada keterlambatan pendistribusian nomor tes. Dan memang pintu hanya dibuka dua, sehingga memicu kericuhan,” ujar Noor Syamsu.

Ia menyebutkan, sedianya pembagian nomor tes ini akan dilakukan di Hal B kantor Walikota Jakarta Timur. Namun, karena ruangannya terbuka dan cuaca hari ini kurang mendukung, lokasi pun kemudian dialihkan ke aula Masjid Al Azhar. Tahun lalu, kegiatan serupa juga dilakukan di gedung senam Jl Radin Inten, Durensawit. Namun, saat ini gedung tersebut tidak dapat digunaka lantaran tengah disewa pihak lain.

Noor Syamsu mengungkapkan, pembagian nomor tes ini bagian dari proses rekrutmen CPNS Pemprov DKI Jakarta, yang dimulai sejak 2 – 9 November 2010 secara online. Peserta mendaftar melalui website www.rekrutmen.jakarta.go.id. Pada 6-14 November peserta menyerahkan berkas lamaran CPNS dan pada 23 November, panitia mengumumkan jumlah peserta yang lulus secara administrasi. Pada 25 November mereka mengambil nomor tes ujian tertulis dan tes rencananya akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno, Minggu (28/11) pukul 08.00 – 13.00 mendatang.

Saat ini, jumlah peserta yang berhasil lulus secara administrasi untuk wilayah Jakarta Timur sebanyak 4.681 peserta atau 41,91 persen dari jumlah pelamar di DKI. Mereka berasal dari warga yang berdomisili di wilayah Jakarta Timur dan Kabupaten/Kota Bekasi. Sedangkan formasi CPNS yang disediakan dan diijinkan oleh Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi berjumlah 10.810. Namun, jumlah pelamar PNS di DKI yang telah lulus administrasi saat ini mencapai 11.169 peserta.

Adapun tes tulis yang akan dilakukan Minggu (28/11) mendatang terdiri dari tes kemampuan dasar yang meliputi tes pengetahuan umum, tes bakat skolastik dan tes skala kematangan serta tes kemampuan bidang.


Archive

Entri Populer