gravatar

Walikota Jaktim Serahkan Bantuan Rp 200 Juta Untuk Pembangunan Tiga Masjid

Klik pada gambar untuk memperbesar.Saat melakukan safari sholat Jumat bersama masyarakat di Masjid Al-Marzuqiyah, Jl. Cipinang Muara, Gg. Masjid RT.16/03 Kelurahan Cipinang Muara, Jatinegara, Jumat (27/8), Walikota Jakarta Timur Drs. H. Murdhani, MH, menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 200 juta untuk pembangunan tiga masjid. Bantuan dari BAZIS Jakarta Timur tersebut, masing-masing untuk Masjid Al-Marzuqiyah (Rp 100 juta), Masjid Jami Al Makmur di Kelurahan Jatinegara Kaum (Rp 50 juta) dan Masjid Jami Hasbiyallah di Kelurahan  Klender (Rp 50 juta).
 
“Kegiatan safari Jumat ini sudah rutin kita lakukan dan selalu dilakukan pemberian bantuan dana untuk pembangunan masjid yang ada di Kota Administrasi Jakarta Timur. Saat ini kita memberikan bantuan masjid sebesar Rp 200 juta yang diperuntukkan untuk tiga masjid,” kata Walikota saat menyampaikan sambutan.

Murdhani berharap, para warga tidak ragu menyisihkan sebagian rejekinya untuk pembangunan masjid karena pahalanya sangat besar. Diharapkan warga tidak hanya membangun masjid yang megah saja tetapi jugabisa memakmurkan masjid tersebut dengan selalu menjalankan sholat berjamaah di masjid, serta dapat diisi dengan kegiatan lainnya seperti pengajian dan sebagainya.
 
Walikota juga berpesan, agar para warga selalu menjaga kebersihan lingkungannya dan jangan sampai ada yang membuang sampah sembarang ke kali atau saluran air, karena dapat menyebabkan banjir. “Kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan harus dimulai dari diri sendiri dan sebagai umat Muslim juga harus menyadari bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari Iman sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.
 
Dalam sambutannya, Murdhani juga meminta warga agar dapat memberikan pengertian kepada pengelola tempat hiburan yang ada disekitar lingkungan tempat tinggalnya dengan cara yang baik dan santun agar mereka dapat menghormati kaum Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. “Jangan ada kekerasan harus tunjukan Islam itu agama yang sempurna. Apabila mereka beralasan darimana mencari makannya kalau tempat hiburannya ditutup, kalau perlu kita berikan makanan kepada mereka karena islam itu mengajarkan saling memberi,” paparnya.
 
Menghadapi hari Raya Idul Fitri, Murdhani berharap, agar saat malam takbiran nanti warga Jakarta Timur tidak melakukan takbir keliling dijalan dengan menggunakan mobil dan sepeda motor, karena akan membahayakan diri sendiri dan rentannya bentrokan dengan warga yang lain. “Lebih baik takbiran di Masjid saja, karena memang harusnya untuk menyambut kemenangan tersebut lebih baik memakmurkan masjid dengan bertakbir bersama dan sudah pasti resiko kecelakaan dan bentrokan antar warga yang lain tidak ada,” pesan Walikota.
 
Di akhir sambutannya, Walikota berharap, kepada warga yang nanti akan pulang kampung saat Lebaran, agar jangan membawa saudara atau tetangganya ketika pulang ke Jakarta. “Jakarta sudah sangat sempit. Lebih baik kita berikan uang untuk modal mereka membuka usaha dikampungnya, sebab di Jakarta mencari pekerjaan sudah sangat sulit apabila tidak memiliki keahlian khusus dan bagi para warga yang tidak pulang kampung diharapkan juga dapat saling membantu tetangganya dengan cara menjaga keamanan lingkungan dan sering-sering memantau rumah tetangganya yang sedang ditinggal mudik kekampung,” ujarnya.
 
Menurut Kepala Badan Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Jakarta Timur H. Chaerudin Hasan, SH, dana bantuan yang diserahkan pihaknya tersebut merupakan pendayagunaan hasil ZIS tahun 2009 untuk lembaga keagamaan Pos Sabillilah (Monumental). “Ada 12 masjid di Jakarta Timur yang menerima bantuan dengan nilai keseluruhan mencapai Rp 540 juta,” tukasnya. (Idham/Kominfomas JT)
 
 

Entri Populer