gravatar

Jelang Mudik, Terminal Pulogadung Benahi Fasilitas

Menjelang masa mudik Lebaran, sejumlah fasilitas dan bangunan di Terminal Bus Pulogadung, Jakarta Timur, dibenahi. Diantaranya menara pengawas, saluran air, dan ruang tunggu penumpang.

Menurut Kepala Terminal Pulogadung Muhammad Nur, menara perlu direnovasi untuk mendukung tugas pengawasan arus bis yang keluar masuk terminal pada masa mudik. Pemudik diperkirakan akan mulai membanjiri terminal pada H-7 Lebaran.

"Targetnya, tower selesai direnovasi pada H-10 Lebaran," kata Nur, di Jakarta, Sabtu (28/8).

Sedangkan untuk mengantisipasi genangan air yang kerap terjadi saat hujan, pengelola terminal juga memperbaiki sistem saluran air.  Sebab, setiap turun hujan selalu muncul genangan air di depan ruang tunggu penumpang.

Setelah diperiksa, genangan air tersebut muncul akibat sejumlah saluran air di seputar terminal banyak yang tersumbat. Proyek pembersihan saluran air yang sudah dikerjakan sejak pekan lalu ini diperkirakan akan selesai sekitar 10 hari sebelum Lebaran.

Ruang tunggu penumpang pun tidak luput dari program pembenahan itu. "Ini demi kenyamanan penumpang, dan supaya tidak ada lagi genangan air pada musim mudik nanti," ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Terminal Pulogadung juga telah menyiapkan 300 bis antarkota antarprovinsi. Bis-bis itu berasal dari 70 perusahaan otobis.

Dari pantauan Tempo di Terminal Pulogadung, hingga saat ini belum terlihat peningkatan jumlah penumpang. Sejauh ini aktivitas yang terjadi di terminal tersebut cenderung masih normal. Diperkirakan peningkatan jumlah penumpang baru akan terjadi sejak H-7 Lebaran. (tempo/ljt)

Entri Populer