gravatar

Carrefour Diduga Jual Makanan Kadaluarsa

Untuk memberikan kepastian dan rasa aman masyarakat dalam mengonsumsi makanan pada hari raya nanti, Pemkot Administrasi Jakarta Timur menggelar razia makanan kadaluarsa di tiga lokasi pasar swalayan terkemuka di Jakarta Timur. Ketiga swalayan itu yakni, Carrefour Buaran, Tip Top Pondokbambu, serta Giant Pondokkopi. Dalam razia yang melibatkan petugas dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Sudin Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) setempat, petugas menemukan produk biskuit yang ditengarai telah kadaluarsa.

Biskuit yang ditengarai telah kadaluarsa itu ditemukan terdapat dalam parsel berisi makanan dan minuman yang dijual seharga Rp 199 ribu di Carrefour Buaran, Durensawit. Melihat hal itu, Walikota Jakarta Timur, Murdhani, yang memimpin aksi sidak langsung memerintahkan petugas agar mengamankan sejumlah parsel yang terdapat produk biskuit tersebut. Petugas pun kemudian megamankan sejumlah parsel yang dimaksud untuk diteliti BPOM.

“Tanggal kadaluarsa meragukan karena ada beberapa perbedaan antara tempat dan cara penulisan tanggal kadaluarsanya. Makanya, saya minta agar produk itu diamankan terlebih dahulu dan segera dilakukan pemeriksaan,” ujar Murdhani, Kamis (26/8).

Pada kesempatan itu, Murdhani mengimbau kepada seluruh produsen agar menunjukkan tanggal kadaluwarsa pada produk olahannya di tempat yang mudah terlihat. Dengan begitu, konsumen nantinya tidak akan ragu untuk membelinya. “Tujuan digelarnya razia ini kan untuk melindungi masyarakat dari makanan kadaluarsa. Apalagi menjelang Lebaran, warga biasanya ingin mendapatkan harga yang jauh lebih murah,” tambahnya.

Petugas yang terdiri dari Sudin KUMKMP Jakarta Timur, Sudin Kesehatan Jakarta Timur, Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, Sudin Pertanian Jakarta Timur serta BPOM terlihat melakukan pengecekan terhadap sejumlah makanan, terutama yang terdapat dalam parsel yang dijual di ketiga pasar swalayan tersebut.

Carolina, petugas dari BPOM menuturkan, pihaknya menemukan tiga dari 16 kotak produk biskuit yang ditengarai telah kadaluarsa dari sejumlah parsel. Untuk itu, BPOM pun pun segera melakukan penelitian untuk memastikannya. “Tiga produk biskuit yang diamankan merupakan produk Khong Guan. Sayangnya, pihak Carrefour juga tidak mengetahui kalau itu produk kadaluarsa karena mereka beralasan barang tersebut langsung dikirim dari suplier,” tandasnya. (bjc)
 

Entri Populer